Don't Worry Be Happy

Kalo lagi enak2 jalan terus tiba2 kalian kepeleset kulit pisang, apa yang pertama kali terlontar dari pikiranmu?

Mungkin ada di antara kamu yang menggerutu, “siapa sih yg buang kulit pisang sembarangan!?”

Ada juga yang berujar, “nasib, nasib…. Apes banget hari ini…”

Atau kamu berpikir seperti ini, “ dari sekian banyak orang, kenapa aku yang kepeleset ya? Pasti ada hikmah dibalik semua ini. Aku akan berhati-hati lagi.”

Menurutmu, dari ketiga pemikiran di atas, siapa yang paling beruntung? (mana ada yang beruntung sih, kan semuanya kepeleset kulit pisang.” :D

Orang pertama dan orang kedua mempunyai perasaan kesal dan rasa sakit karena terpeleset kulit pisang. Tetapi orang ketiga tidak. Ia justru menganggap hal tersebut sebagai hikmah, pelajaran berharga untuknya. Ia belajar sesuatu yang baik dari sebuah kejadian yang buruk. Inilah yang disebut POSITIVE THINKING. Artinya, mencari pikiran yang baik dibalik setiap peristiwa yang dialami, seburuk apapun peristiwa itu. Dengan positive thinking, hidup yang kita jalani akan terasa lebih menyenangkan dibanding sering negative thinking. Tapi jangan kelewat polos juga, ada orang yang tidak dikenal masuk ke rumah kamu saat kamu sendirian lalu kamu ajak ke kamar.. kalo itu sih mencelakakan diri sendiri namanya. Jadi harus tetap cerdas menilai situasi ya… terus, apa saja sih keuntungan positive thinking?

1.       Lebih ceria menjalani hari hari
2.       Energi untuk mencapai cita-cita dan berbuat baik lebih banyak
3.       Disenangi orang karena kamu ceria
4.       Awet muda karena pasti banyak senyum. :)

Sebaliknya, kalo banyak negative thingking, kita bakal MADESU. Mau melakukan sesuatu, takut dinilai jelek, mau ngajak kenalan orang baru, takut dikira tukang hipnotis (loh??). Akhirnya, kita nggak maju2, seperti katak dalam tempurung.. kasian kan.

Sekarang, kita latihan yuk biar bisa positive thingking. Coba langkah2 berikut ini :

1.       Pasang senyum di setiap keadaan. Kalo ada kesulitan, tarik bibirmu 2 senti ke kanan, 2 senti ke kiri. Smile up, pasti kesulitan akan pergi.
2.       Cari hikmah/pelajaran dari setiap peristiwa yang kurang menyenangkan. Selalu ada celah kok untuk memikirkan yang baik2.
3.       Berbagilah pada orang lain, baik itu kesenangan maupun kesulitan. Bukan berarti menyusahkan orang lain dengan kesulitanmu, tapi sekedar curhat agar tak terbebani sendiri loh.. dan biasanya teman yang baik selalu membantu kita berpikir positif dalam menghadapi kesulitan.
4.       Sibukkan diri untuk mencari sisi baik dari orang lain/keadaan yang tidak menyenangkan. Tepis setiap kali tergoda untuk berpikir negatif.

Gimana, gak sulit kan? Kita coba yuk. Oya, satu kabar lagi, menurut penelitian, salah satu karakter orang sukses adalah mampu berpikir positif dalam setiap keadaan. So, selamat berlatih menjadi orang sukses :)

0 Comment:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More