Step By Step To Best Blogger

Tahap I - Blog Yang Produktif & Bermanfaat
Blognya mau dibuat ngapain?
Tahap II - ”Blog-nya Mau Diisi apa?”

Bahan-bahan apa yang bisa kita pake buat isi blog kita?
Tahap III - Ketrampilan Pendukung yang Kita Butuhkan

Di sini membahas penguasaan HTML dan cara nyari koleksi gambar dll
Tahap IV - Pake Aksesoris BLOG Biar Keren

Nambah feature seperti counter website, page rank, visitor map,  chatbox,  dll
Tahap V - Cara Praktis Promosi Blog

Biar blog kita BERGAUL! Nggak hidup sendirian

Banyak temen-temen yang nanyain bagaimana sih cara ngutek-utek blog (MP khususnya).  Maka biar  praktis,  sebelum  ada  pertanyaan  yang  lagi  disiapin deh jawabanya disini....

Syarat pendukung:
1.       Bener nih pengen punya BLOG, alasan?
2.       Mau keluar modal dikit buat bayar ISP/Warnet?
3.       Udah biasa make komputer dan internet
4.       Basa inggris (sing gampang-gampang wae), lebih daripada itu tanya aja  toggletext.com
5.       Pingin terus dan terus belajar

Blog Yang Produktif & Bermanfaat

Punyai  dulu  kemauan  yang  jelas  mengapa  kita  ngeblog  (visi-misi, hualah...)
Blogging  akan  bernilai  dakwah  dan  insya  Allah  berpahala jika  disertai  keikhlasan  dan  niat berbagi  kebaikan  dan nasehat  serta  mengisinya  dengan  content  yang benar-benar shahih. Maka mari biasakan untuk mengisinya dengan segala yang bisa diambil manfaat/teladan/hikmah oleh  orang  lain  (dan  tak  kalah  penting  nasehat  bagi  diri sendiri)

Blog akan menjadi cermin dan profile diri kita, bagaimana orang  akan  melihat  diri  kita  di dunia  maya  (bukan  sekedar social contact)

Dengan  punya  prinsip  ini,  maka  ngeblog  akan  punya proporsi  yang  jelas.  Terutama  bisa mengisi  waktu  dengan hal-hal  yang  produktif,  bukannya  ngeblog  malah  justru ngabisin waktu produktif

Buat blog sebagai catetan (diary pribadi) & history tiap perjalanan hidupkita (baik yang menarik ataupun ngeselin)
Mungkin bisa berisi tentang kerjaan, keluarga, teman-temen, lingkungan, kehidupan pribadi dengan segala seluk-beluknya dll.

Tuliskan  saja  tiap  yang  kita  alami,  liat,  dengar  dan  pikirkan yang sekiranya penting (jadi point) bagi diri kita dan mungkin juga  bermanfaat  bagi  orang-lain  (ingat,  hindari  informasi sampah ato kesia-siaan - apalagi menyebarkan hal tersebut pada orang lain).

Siapa  tahu  besok  bisa  jadi  otobiografi  dan  log  (catetan) hidup  kita.  Yang  semoga  bisa  diambil  ilmu,  hikmah  dan manfaatnya  oleh  anak-cucu  kita.  Selama  penyedia  blog tersebut eksis  tentunya.  Makanya  penting  juga mempersiapkan  untuk  membackup  secara  offline dikomputer kita sendiri (pake wordpres aja di onlenin secara local pake Xampp atau cukup file asli di word misalnya) atau taruh di blog yang lain.

Mari  membiasakan  setiap  mendapat  ilmu  dan pengalaman apapun yang bermafaat dan layak kita bagi, segera saja kita tularkan (jadi shadaqah untuk orang lain). Selain itu juga biar nggak lupa dan nggendon dipikiran serta akan  ada  penerus  ilmunya,  biasakan  mendidik  generasi dari sekarang siapapun itu meski nggak kita kenal, betul nggak?...

0 Comment:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More